Twitter Nuansa


Breaking News

18/01/11

Kisah Petani Organik Bandung

Judul : Bertani dengan Akal dan Nurani: Catatan dan Harapan Seorang Petani Padi Organik Pola Tanam SRI/PENULIS : R. Utju Suiatna/PENERBIT : Nuansa Cendekia/TEBAL : 252 hlm/Rp 45.000.
Akhirnya setelah beberapa bulan mempelajari secara intens dan mempraktikkannya, aku memutuskan bahwa aku harus di sini! Dan aku akan tetap di sini! Di bidang pertanian organik. Aku harus
tetap bertahan untuk tetap jadi petani dan terus berusaha berkontribusi untuk kemajuan pertanian Indonesia, minimal untuk pertanian di sekitar daerah tempat aku tinggal walaupun orang lain
--termasuk teman-temanku--(mungkin) akan ultra heran: “Kok Utju sekolah susah-susah di ITB malah jadi petani. Untuk jadi petani kan malahan tidak punya ijazah sama sekali juga bisa.


Ya, Indonesia sudah diberi berkah oleh Allah Swt dengan tanah yang begitu subur, hanya memiliki dua musim. Kalau dahulu musim hujan dan kemarau, namun saat ini di banyak tempat, termasuk di Ibu Kota dan sekitarnya, sudah bergeser menjadi musim banjir dan musim kekeringan karena ulah manusia-manusianya. Demikian juga dengan tanaman dan binatangnya yang begitu beraneka ragam, yang menurutku di sinilah sebenarnya kekuatan dan potensi utama bangsa ini. Keunggulan komparatif negeri ini dibanding negeri lain adalah bidang pertanian, selain juga bidang maritim/bahari, karena merupakan negara kepulauan[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk berhubungan dengan redaksi silakan hubungi nuansa.cendekia@gmail.com. untuk layanan pembelian buku bisa hubungi nuansa.market@gmail.com

Designed By VungTauZ.Com