Twitter Nuansa


Breaking News

09/11/10

Mau Menerbitkan Naskah?



BAGAIMANA MENERBITKAN BUKU DI PENERBIT NUANSA CENDEKIA?
Syarat dan ketentuan kami hampir sama dengan tata-cara penerbit lain. Ketentuan umumnya kurang lebih sebagai berikut:
Penerbit Nuansa Cendekia mengutamakan naskah Ilmiah Populer. Bidang buku meliputi Agama, Politik, Sosial, ekonomi, budaya, peternakan, pertanian (agribisnis), how to, kesehatan, kedokteran, motivasi, wirausaha, kerajinan, masakan dan lain sebagainya.
Untuk buku agama biasanya diterbitkan memakai Anak perusahaan Penerbit Marja. Sedangkan untuk buku Popular Non Fiksi, Fiksi (Novel) dan Buku Anak Memakai Penerbit Medium. Untuk naskah puisi dan kumpulan cerpen mohon maaf belum bisa kami terbitkan.

NILAI LEBIH:
Naskah yang paling diminati tentu saja yang memiliki nilai lebih dari buku-buku yang sudah beredar. Oleh karena itu sebagai penulis Anda mestinya menjelaskan beberapa sisi nilai lebih dari buku yang Anda tulis tersebut.

Nilai lebih itu di antaranya hal baru tentang penemuan, nilai lebih dalam hal penuturan bahasa, nilai lebih karena memiliki kelengkapan dari buku lain, dan seterusnya. Setiap penulis yang jeli melihat peluang pembaca sudah pasti memiliki alasan khusus mengapa buku tersebut layak diterbitkan untuk masyarakat.

BENTUK NASKAH:
Naskah minimal 150 halaman (1,5 spasi), maksimal 300 halaman. Diketik rapi .Jenis huruf font Times New Roman ukuran 12. Batas margin kanan sepantasnya. Untuk buku anak minimal 60 halaman. Sedangkan novel minimal 150 halaman dan novelet minimal 90 halaman. Penerbit kami tidak menerima naskah dalam bentuk draft.

Setiap pengiriman naskah diwajibkan mengirim surat kata pengantar, sinopsis dan keterangan lengkap biodata penulis serta alamat dan tlp/hp yang bisa dihubungi. Dalam kata pengantar perlu juga dijelaskan apakah naskah tersebut akan dijual putus atau sistem royalti. Untuk harga naskah jual putus akan selalu diberikan pertimbangan melalui rapat. Sedangkan royalty kami menetapkan standar maksimal 10 persen, dan bisa pula hanya 5 persen atau 7 persen untuk naskah-naskah tertentu.

PENGIRIMAN NASKAH:
Pengiriman naskah dalam bentuk print out. Kami tidak lagi menerima naskah dalam bentuk file kecuali dari penulis yang berdomisili di luar negeri. Bundel Naskah dikirim ke PENERBIT BUKU NUANSA CENDEKIA dengan alamat: REDAKSI NUANSA CENDEKIA/REDAKSI PENERBIT MARJA/REDAKSI PENERBIT MEDIUM: Komp. Sukup Baru 23 Ujungberung Bandung 40619 Tlp. 022-76883000-Fax: 022-7801410.
Bundel naskah yang dikirim tidak akan dikembalikan kecuali menyertakan perangko secukupnya untuk pengiriman balik. Jika ingin mengambil naskah, bisa datang ke kantor Nuansa Cendekia dengan menghubungi Sekretaris Redaksi (Nurul: 022-76883000).

SELEKSI dan KEPUTUSAN:
Setiap naskah yang masuk akan diseleksi oleh tiga orang awak redaksi dan juga melibatkan "redaktur" independen jika dibutuhkan. Setiap naskah yang akan diterbitkan dipastikan akan menghubungi penulis terlebih dahulu. Selain untuk menyepakati kontrak juga untuk pembicaraan lain yang sekiranya perlu, seperti melengkapi bagian-bagian yang kurang lengkap.
Redaksi membutuhkan waktu antara 30-50 hari untuk proses seleksi naskah. Jika Anda merasa terlalu lama menunggu, Anda bisa menghubungi melalui telpon setelah 3 minggu pengiriman untuk memastikan apakah naskah tersebut akan diterbitkan atau tidak.

JUMLAH CETAK DAN ROYALTY:
Berapa jumlah buku yang dicetak nuansa cendekia pada cetakan pertama? Ini sangat tergantung pada keputusan bagian marketing. Bisa jadi langsung dicetak 5.000copy, 10.000copy, atau dalam batas minimal dicetak 1.500-2.000 copy.

Honorarium royalti bukan mengacu pada jumlah cetak, melainkan pada jumlah buku yang terjual, mengikuti arus keuangan distributor. (Ini lazim diterapkan oleh hampir semua penerbit) 

Untuk memudahkan analisa para redaksi, Anda sebaiknya melengkapi beberapa data berikut ini:

Judul Buku:
Penulis:
Kategori: Pemula/Penulis Profesional/Spesialis-Pakar/Figur Populer.
 Konten: Tek Sekolah-Akademik/Fiksi/Ilmiah Popular/ Popular/……………………
Bidang ilmu: agama/sains umum/ teknologi/biografi/olahraga/matematika/lain-lain:…
Jenis: Wacana/Panduan praktis/motivasi/hiburan/pemenuhan hasrat.

Segmen Pembaca secara umum:
a)      Jenis kelamin:Laki-laki……%. Perempuan …%
b)      Pendidikan: TK/SD/SMP-MTS/SMA-MA/S1/S2/S3.
(lingkari segmen yang dimaksud)

Segmen Pembaca spesifik:
a)      Agama: Islam/Kristen/Katholik/Buddha/Hindu/Konghucu
b)      Etnis:
c)      Golongan ekonomi: Rendah/Menengah/atas

Fungsi;Fungsi buku untuk segmen tersebut akan bermanfaat bagi pembaca untuk?
A). Secara Primer bermanfaat untuk:
B). Secara Sekunder bermanfaat untuk:

Apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu penjualan ?
1) Program apa yang akan Anda lakukan untuk promosi sepanjang satu tahun?
2) Adakah program pembelian sistem paket untuk relasi Anda?

DIVISI PENERBIT BUKU:
1) Nuansa Cendekia (Jenis Buku akademik, ilmiah popular, how to dan lain-lain)
2) Medium (untuk remaja dan anak/fiksi maupun non fiksi)
3) Marja (untuk buku praktis agama Islam)
4) Jembar (untuk buku umum, termasuk sarana self publishing)

Salam
Mathori A Elwa
Pemimpin Redaksi

Penetapan ketentuan ini diperbaruhi awal tahun 2012.

13 komentar:

  1. Apakah naskah-naskah tentang budaya, spiritual dan falsafah hidup kejawen juga diterima dan dapat diterbitkan? Kebetulan saya sudah punya beberapa naskah yang direncanakan dijadikan buku, diantaranya ; Misteri Kamasutra Jawa, Karakteristis & Jatidiri Anak [Motifasi Spiritual Berdasar Ilmu Pawukon], Mitos Mistis Kematian Soeharto, dll. Selain itu ada juga naskah ilmu terapan praktis, seperti : Jurnalistik Multi Media, Bahasa Jurnalistik Multi Media, Bina Mading Sekolah, dll. Saya rencanakan juga menulis cerita fiksi [novel] berlatar sejarah dan religius Islami. Jikalau sekiranya dapat diterbitkan, dikemudian hari saya segera konsultasi.

    BalasHapus
  2. terimakasih. mohon naskahnya bisa langsung dikirim sesuai petunjuk di atas. Kita tidak bisa memutuskan sebelum melihat naskah. Semua penerbit mengambil keputusan setelah melihat naskah utuh.

    salam
    hasyim

    BalasHapus
  3. Bagaimana dengan buku-buku genre kebahasaan, namun masih dalam bentuk How To, apakah bisa diterima juga?

    BalasHapus
  4. apakah tema-tema agro tersebut masih berlaku sampai sekarang? trims

    BalasHapus
  5. saya berencana menulis buku untuk siswa sma itu bagaimana prosesnya?

    BalasHapus
  6. Saya mahasiswa, aktivis juga. Saya sedang menyusun skripsi mengenai Facebook dan Interpersonal Relation. Rencananya hasil penelitian ini akan saya kembangkan menjadi naskah populer.

    BalasHapus
  7. salam. Silahkan nanti dikirim sesuai aturan prosedural naskah di atas. Selamat berkarya.

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum...

    Saya ingin bertanya, halaman minimal yang dicantumkan diatas untuk penulisan naskah apakah itu 150 halaman dalam ukuran kertas A4 ataukah 150 halaman dalam ukuran kertas untuk buku yang ingin diterbitkan ?
    Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  9. dalam bentuk ukuran kertas saja...

    BalasHapus
  10. saya telah kirim naskah melalui email ke penerbit nuansa cendekia. akan tetapi belum ada kepastian penerbitannya. trims.

    BalasHapus
  11. Saya PNS yg mengundurkan diri dari jabatan eselon IV karena merasa tertekan oleh atasan sebab saya berusaha menghindar dari perbuatan yg tidak benar. Seperti tidak mau memindahkan guru IPA dari satu sekolah sebab di sekolah itu hanya ada 2 org guru IPA yg keduanya suami isteri dan masih kurang dari yg dibutuhkan. Juga satu-satunya guru agama yg diminta kepada saya utk dipindahkan dan sy tidak setuju dan hal-hal seperti itu menyebabkan saya ditekan.
    Saya melihat beberapa PNS yg tdk mau korupsi dan tertekan karena sikapnya. Kondisi birokrasi/pemerintahan Indonesia yg korup ini sdh banyak dikritik/diprotes dgn bebagai cara malah ada yg sampai bakar diri.
    Sebagai orang yang hobby humor saya hanya bisa mengkritik dengan cara yg humoris sekaligus sebagai upaya untuk menerima perlakuan yg saya pandang tidak adil itu sebagai sikap 'nrimo' dan upaya 'lapang dada'. Kemudian menuliskan humor-homor yg pernah saya lontarkan pada teman-teman itu dan terkumpullah lebih 150 judul. Ide penulisan ini memang sekitar 8 atau 10 thn yg lalu pernah disarankan seorang dosen UIN malang namun waktu itu cerita yg saya miliki tidak berapa banyak.
    Beberapa judul pernah saya posting di KOMPASIANA dintaranya Susu Experired, Uya Kuya VS Koruptor dan Sila Ke-6 Pancasila.Saya tidak tahu bentuk seperti apa yang bisa dikirim ke penerbit, yang ada sekarang hanya berupa naskah yg tersimpan pada flashdisc.
    Pernah saya tunjukkan pada teman, setelah dia baca dia bilang cerita-cerita ini adalah cermin bangsa Indonesia saat ini. Mungkin salah satu sebabnya karena ada jawaban Barrack Obama atas permintaan saran pemberantasan korupsi dari SBY. Obama bilang, the reason that I don't won't to be the President of Indonesia.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Saya seorang graphic design marketing di sebuah perusahaan swasta, dan saya berencana ingin menulis sebuah naskah tentang graphis designer marketing, pertanyaanya adalah termasuk dalam kategori apakah naskah graphic design tersebut?

    kira-kira minimal berapa paragraf ?
    dan tolong jelaskan naskah HOW TO seperti yang tertulis diatas.?

    mohon jawaban dikirimkan kan melalui email berikut ini : akimdv@gmail.com

    saya akan menunggu jawaban secepatnya dari nuansa. dalam hal ini saya serius ingin menjadi salah satu kontributor dan penulis untuk penerbit nuansa

    terima kasih

    BalasHapus

Untuk berhubungan dengan redaksi silakan hubungi nuansa.cendekia@gmail.com. untuk layanan pembelian buku bisa hubungi nuansa.market@gmail.com

Designed By VungTauZ.Com