Twitter Nuansa


Breaking News

28/03/12

Baiti Jannati

Judul: Baiti Jannati
Penulis: K.H Muhamad Yusuf Chudlori
Editor: Irwan Kurniawan M.Ag
Penerbit: Marja (Nuansa Cendekia) Bandung
Tebal: 230 Hlm.Harga: Rp 33.500
Layanan Pesan:Sms:0818638038.
Email: nuansa.market@gmail.com
ADA kenyataan kehidupan masyarakat modern semakin rentan dalam urusan rumah tangga. Terdapat banyak pemicu yang mengakibatkan perselisihan, ketidaktenangan, ketidakbahagiaan hingga sampai perceraian.
Saluran informasi, komunikasi dan beragam tayangan kehidupan yang semakin bebas membuat norma,nilai dan pola kehidupan cepat berubah. Dalam situasi pergerakan jaman yang serba cepat inilah kita dihadapkan pada labilnya ikatan perkawinan.
Tanpa bermaksud menyalahkan modernisasi, masalah perkawinan dalam era saat ini memang membutuhkan cara pandang yang baru. Dan umat Islam membutuhkan pedoman-pedoman yang tepat untuk merespon perubahan tersebut.  
Gus Yusuf, (K.H Muhammad Yusuf Chudlori), seorang ulama muda, pengasuh Asrama Perguruan Islam (API), Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, melalui buku ini merespon masalah keluarga di masyarakat secara apik. Berangkat dari hubungan dekatnya dengan banyak orang, baik melalui tatap muka maupun interaksi dakwahnya melalui radio Fast FM Magelang, kita mendapatkan banyak kisah yang penting untuk diketahui bersama. Buku ini sangat berharga karena berangkat dari masalah aktual, empiris, dan banyak dialami orang.
Dengan pendekatan yang realistis itulah buku ini tersusun menjadi sebuah pengalaman berharga. Hal ini berbeda dengan buku-buku keagamaan yang teoritis, atau buku prinsip fikih yang kaku. Sekalipun pada arus utamanya cara pandang Gus Yusuf memakai pendekatan fikih, tetapi beliau tidak saklek, tidak literal dan lebih melihat kasus demi kasus dalam cara pandang akhlak.
Sebagai seorang kiai ala pesantren, beliau paham betul kaidah-kaidah penerapan fikih. Ada yang kalanya harus diterapkan secara umum, ada kalanya hanya bisa diterapkan orang per-orang. Itulah kenapa buku ini menjadi penting mengingat setiap masalah-masalah keseharian memang tidak mungkin diselesaikan sekedar dengan satu dua dalil.
Baiti Jannati merupakan buku panduan, sekaligus buku pencerahan yang baik untuk keluarga. Seorang suami maupun istri seyogianya membaca buku ini. Manfaat yang akan didapat ialah:
Pertama, mendapat pengalaman berharga dari persoalan-persoalan orang lain. Di sini kita bisa merenungkan persoalan orang lain sebagai pelajaran berharga. Apakah itu sama dengan yang kita alami? Atau kita tidak mengalaminya sementara orang lain justru mengalaminya? Jika ada masalah dari kita yang sama dengan masalah orang lain kita bisa belajar langsung dari kasus tersebut, disertai solusi praktis tentunya.  Sementara, jika kita tidak mengalami masalah yang sama, kita bisa menarik hikmah dari pengalaman orang lain.
Kedua, kita akan mendapatkan masukan-masukan bijak. Gus Yusuf dengan kearifan dan kemampuannya secara baik mengartikulasikan pemikirannya guna menyelesaikan masalah banyak orang. Dengan pendekatan yang bijak, ia sampaikan prinsip keislaman tanpa sikap menggurui, atau terlalu memaksakan kehendaknya.
Selain dua hal tersebut, kita juga akan melihat bagaimana keadaan kehidupan keluarga di masyarakat, khususnya di daerah perkotaan beberapa kabupaten, dan masyarakat pedesaan.Jika dilihat dari kacamata sosiologi, masalah-masalah yang terangkat dalam buku ini penting diperhatikan secara seksama sehingga kita bisa memahami situasi kehidupan yang terus berubah sekarang ini.
Kita semua menginginkan keluarga yang baik, bahagia, sejahtera lahir dan batin. Islam telah banyak memberikan solusi untuk itu. Dan buku ini memberikan banyak hal yang penting sebagai bekal menuju keluarga sakinah mawadah wa marahmah. Amin.(redaksi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk berhubungan dengan redaksi silakan hubungi nuansa.cendekia@gmail.com. untuk layanan pembelian buku bisa hubungi nuansa.market@gmail.com

Designed By VungTauZ.Com