Twitter Nuansa


Breaking News

04/02/13

Makanan Sehat untuk Atlet



Judul: Makanan Sehat Untuk Atlet/Penulis: dr. Creig Hoyt, et al./Penerbit: Nuansa Cendekia/Tebal: 256 Halaman/Harga: Rp 38.000,-

Makanan Sehat untuk Atlet adalah buku yang sangat luar biasa tentang makanan, dan wajib dibaca oleh atlet yang ingin meraih prestasi terbaik mereka melalui makanan dan pola makan, baik dengan menurunkan dan ataupun dengan menaikkan berat badan sesuai dengan jenis olah raga yang mereka geluti.
Peran-peran protein, lemak, karbohidrat dan vitamin serta mineral—berapa jumlah sesungguhnya dibutuhkan oleh tubuh serta beberapa batasan dan manfaat khusus ketiganya terhadap tubuh—
dibahas dengan sangat rinci disini.
Buku ini juga menjawab beberapa hal yang harus kita ketahui jawabannya berkaitan dengan pernyataan penting hubungan makanan dan kesehatan seperti:
Mengapa karbohidrat, baik untuk para atlet? Dan nyaris tidak dibutuhkan oleh mereka yang bekerja dibelakang meja?
Apa yang dimaksud dengan carbohydrate loading menimbun karbohidrat?
Mengapa makanan berlemak kurang baik bagi tubuh manusia dan perlunya manusia meminimalkan asupan lemak?
Apa manfaat utama protein, berapa jumlah asupan protein yang memadai versi FAO?
Berapa asupan protein yang sesungguhnya dibutuhkan oleh tubuh?
Selain menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, buku ini juga memuat saran-saran khusus tentang asupan protein untuk para “vegan”—yaitu kaum vegetarian yang tidam mengkonsumsi apapun yang berasal dari hewan—agar tidak kekurangan protein, elemen yang sangat penting untuk membangun dan memperbaiki kerusakan pada jaringan tubuh.
Hal yang tidak diduga dari buku ini ternyata uga menjawab masalah kesehatan berkaitan dengan puasa. Mengapa puasa sangat bermanfaat bagi tubuh? Mengapa banyak atlete dunia yang justru berpuasa sebelum dan selama menghadapi pertandingan sangat penting?
Tubuk manusia, menurut seorang pakar nutrisi, bisa diibaratkan dengan sebuah mobil balap. Sebuah mobil balap dengan kinerja mesin berkinerja tinggi tentu membutuhkan bahan-bahan bakar khusus dengan tingkat oktan yang khusus. Begitu pula para atlet—yang ingin tubuhnua berfungsi dengan baik untuk meraih kinerja yang optimal—harus memasok tubuhnya dengan bahan-bahan bakar berkualitas terbaik melalui makanan dan minuman, sebelum dan selama kompetensi.

-----------------------------------------------
Lala Herawati Dharma
penerjemah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk berhubungan dengan redaksi silakan hubungi nuansa.cendekia@gmail.com. untuk layanan pembelian buku bisa hubungi nuansa.market@gmail.com

Designed By VungTauZ.Com