Twitter Nuansa


Breaking News

30/11/11

Panduan Menulis Cerpen


PENGANTAR REDAKSI NUANSA CENDEKIA. Alasan Menerbitkan Buku ini>Belajar Praktis dari Nilai Lebihnya
 Buku yang kini dalam genggaman Anda itu merupakan sebuah karya penting untuk para penulis, terutama penulis pemula yang menggemari penulisan fiksi Kami dari bagian redaksi Nuansa Cendekia sengaja memesan naskah ini kepada penulisnya karena kami melihat kemampuan dari sang penulis.

Sahabat Hermawan Aksan telah luas dikenal sebagai penulis yang mahir dalam banyak hal. Ia mampu menulis opini secara lugas, logis dan berkarakter, mampu menulis cerita pendek yang segar dan penuh kreativitas, mahir pula menulis cerita panjang dalam bentuk novel. Kemampuan lain ialah menerjemahkan, menulis buku ilmiah dan juga mahir mengedit dan menyunting berbagai ragam jenis buku.
Jam terbangnya yang tinggi dalam urusan jurnalistik,-ditambah posisinya sebagai redaktur media massa (Harian Tribun Jabar), mengantarkan dirinya menjadi penulis yang serba bisa. Sekalipun ia produktif namun tetap mampu menjaga karakter. Tulisannya tidak asal-asalan dan selalu memiliki segar. Itulah nilai lebih yang penting perlu kita ketahui.
Buku yang kami pesan ini adalah contoh nyata. Saat meminta penulisan tema ini, kami memberikan waktu tiga bulan. Untuk masa waktu seperti ini sebenarnya terlalu cepat mengingat sang penulisnya punya banyak kesibukan. Tetapi target bisa tercapai. Dari naskah yang dikirim tersebut sebenarnya sudah layak untuk dijadikan sebagai sebuah buku tanpa perlu revisi dan editing yang berarti.
Tetapi demi peningkatan kualitas, redaksi meminta  sang penulis agar menambahkan beberapa bagian penting. Tujuannya supaya lebih segar dan semakin praktis. Hanya dalam waktu dua minggu penambahan-penambahan seperti contoh cerpen dan kelengkapan lain terwujud. Jadilah naskah ini mencapai target ideal untuk sebuah buku how to yang layak diperhitungkan.
Kami merasa senang karena terbitnya buku ini secara otomatis bisa berkontribusi kepada masyarakat dengan menawarkan gagasan baru dalam bidang kreativitas menulis. Melihat nilai lebih di dalamnya, kami merasa buku ini penting dibaca dan dijadikan kaidah-kaidah dasar penulis cerita pendek. Bahkan dalam hal yang lebih luas, buku ini sungguh inspiratif untuk memasok gagasan proses kreatif dalam bidang karya tulis lain.
Segmen umum pembaca buku ini bisa dilpetakan dari golongan umur rentang 15-25 tahun,-yang sedang mencari jalan untuk mewujudkan impiannya menjadi penulis. Segmen lain adalah para penulis yang ingin mendapatkan kesegaran dalam metode penulisan baru. Saudara Hermawan tidak hanya mahir merakit kata, melainkan juga mahir menyampaikan ide-ide berat menjadi tulisan yang segar dan mudah dipahami.
Hal ini bisa dibuktikan dari isi buku ini. Banyak cerita ringan tetapi isinya berbobot. Banyak ide berat tetapi mudah dipahami tanpa menghilangkan hakekat bobot gagasannya. Maka, bukanlah sesuatu yang berlebihan jika buku ini sebaiknya dibaca oleh para penulis di usia remaja, terutama siswa SMP dan SMA. Guru bahasa atau dosen ilmu jurnalistik dan ilmu komunikasi juga perlu memegang buku ini. Selain bahasanya yang enak dipahami, muatan isinya penuh manfaat untuk membangun, mendorong dan mengarahkan proses kreatif berkarya.
Bacalah isi di dalamnya. Nikmati model penulisannya, serap ilmunya untuk kemudian kita terapkan dalam praktik penulisan sehari-hari.
Sekalipun demikian, kami percaya tak ada barang yang tak retak. Kelemahan dan kekurangan pasti ada. Solusinya, kami menunggu masukan dari Anda sekalian.
Selamat membaca. Selamat berkreativitas.
Faiz Manshur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk berhubungan dengan redaksi silakan hubungi nuansa.cendekia@gmail.com. untuk layanan pembelian buku bisa hubungi nuansa.market@gmail.com

Designed By VungTauZ.Com