Twitter Nuansa


Breaking News

27/12/11

Untuk Juri dan Kontestan Nyanyi

Judul;: Juri Musik & Nyanyi. Penulis. Adjie Esa Poetra. Penerbit: Nuansa Cendekia. Januari 2012. Harga: Rp 29.500. Buku yang berada di tangan Anda ini merupakan sebuah karya penting di Indonesia.Bisa disebut demikian karena dua alasan. Pertama, belum ada buku tentang sistem kerja juri dalam urusan musik yang serba lengkap seperti ini. Kedua, ditulis oleh seorang yang mumpuni di bidangnya. Pak Adjie Esa Poetra bukan hanya pelaku musik, melainkan tokoh berpengaruh bidang olah vokal ternama di Indonesia. 
Selain dari itu, Pak Adjie Esa Poetra juga seorang penulis yang tergolong produktif dan berwawasan, bukan hanya dalam urusan music dan nyanyi, melainkan juga berwawasan dalam bidang seni dan kebudayaan.
Dengan membaca biodata di bagian buku ini, kita semua akan tahu siapa kapasitas dan nilai lebih sang penulis. Ia adalah guru kita dalam urusan musik, terutama bidang olah vokal. Tak terhitung jumlah murid Pak Adjie yang sukses berkarir di bidang nyanyi. Sebut saja misalnya, Nike Ardilla (alm), Melly Goeslow, Rossa, Dewi Gita, Rita Efendi, Nazrey Raihan, Kiki The Potters. Mereka semua sukses berkarir berkat tangan bijak sang guru Adjie Esa Poetra.
Pada urusan juri, buku ini secara lugas menjelaskan berkaitan dengan sistem kerja juri nyanyi. Kebutuhan sebuah pemikiran yang lengkap tentang hal tersebut menjadi penting mengingat berbagai kompetisi musik dan nyanyi selama ini belum memiliki panduan yang tepat dan terpadu dari hulu ke hilir. Bahkan, banyak kejadian, berbagai acara lomba musik dan nyanyi seringkali dijadikan ajang praktik mafia para juri. Karena subjektivitas para juri, penilaian seringkali menjadi kabur dan tidak akurat sampai pada akhirnya sering memunculkan tanda-tanya--bahkan kekecewaan para peserta dan penonton karena keputusan juri yang tidak jelas.
Kasus seperti itu bukanlah masalah sepele, sebab bisa menimbulkan dampak yang luar biasa bagi kelangsungan karir para kontestan. Berangkat dari keprihatinan seperti inilah Pak Adjie--dengan semangat melakukan perubahan--bergerak menulis buku yang sangat bagus ini.
Buku ini diperuntukkan kepada dua golongan utama. Pertama, para juri dan kedua, peserta kontestan. Untuk para juri, buku ini akan menjadi pedoman kerja yang akan menuntun ke arah kebaikan karena ilmu pengetahuan--baik yang sifatnya visi maupun langkah praktis--.sangat membantu para juri untuk berpikir dan bertindak secara objektif dan bijaksana. Bahkan panitia penyelenggara acara festival, kontes atau lomba wajib membaca buku ini agar mutu kegiatan terpantau secara baik.
Bagi para peserta kontes jelas buku ini bermanfaat banyak. Dengan memahami isi buku ini para peserta akan tahu bagaimana seharusnya kompetisi yang diikutinya itu benar-benar kompetisi yang baik. Apakah panitia, terkhusus dewan juri bekerja secara baik atau tidak? Buku ini akan memberikan pedoman dalam menilai hal tersebut.
Dengan melihat fakta atas kebaikan buku ini, para pengelola perpustakaan di sekolah perlu mengoleksi buku ini agar bakat para siswa di bidang musik dan nyanyi, bahkan kesenian di bidang lain mendapat pencerahan dari ilmu sang guru vokal terkemuka dari Bandung tersebut.
Sejak menerima naskah buku ini, redaksi merasa tidak mungkin mengabaikan karya luar biasa ini. Senang rasanya menerbitkan buku yang bagus seperti ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.[]

Faiz Manshur
Redaksi Nuansa Cendekia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk berhubungan dengan redaksi silakan hubungi nuansa.cendekia@gmail.com. untuk layanan pembelian buku bisa hubungi nuansa.market@gmail.com

Designed By VungTauZ.Com