Twitter Nuansa


Breaking News

15/04/13

Agama dan Konflik Sosial

Judul: Agama dan Konflik Sosial
Penulis: Prof. Dr. Afif Muhammad, M.A.
Penerbit: Marja
Tebal: 160 Halaman
Harga: Rp 36.000,-



Kemajukan agama, etnik, bahasa adat istiadat merupakan kekayaan bangsa. Masyarakat Indonesia memiliki peluang untuk hidup harmoni dan berdaya dalam Bhineka Tunggal Ika. Tetapi mengapa harmoni kehidupan beragama kita rentan konflik? Apa penyebabnya dan bagaimana seharusnya konflik itu berganti perdamaian? Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas Muslim.
Sekalipun begitu, semenjak diproklamasikan, ia tetapkan sebagai negara yang tidak didasarkan pada Syariat Islam. Karena tidak didasarkan pada  ajaran agama tertentu, maka pemerintah mengakui adanya enam agama besar sebagai agama resmi yang sah dipeluk oleh warga negaranya. Ternyata pilihan ini mengandung risiko, apabila bangsa Indonesia adalah bangsa yang tidak saja mejemuk dalam hal agama, tetapi juga dalam suku, bahasa, dan adat istiadat. Benarkah heterogenitas Indonesa merupakan sumber konflik yang dapat mengancam persatuan bangsa?

1 komentar:

Untuk berhubungan dengan redaksi silakan hubungi nuansa.cendekia@gmail.com. untuk layanan pembelian buku bisa hubungi nuansa.market@gmail.com

Designed By VungTauZ.Com