Twitter Nuansa


Breaking News

15/04/13

Hukum & Pemikiran Modern

Judul: Hukum dan Pemikiran Modern
Judul Asli: Law and Modern Mind
Penulis: Jerome Frank
Penerjemah: Rahmani Astuti
Editor: Mathori A Elwa
Desain Sampul: Andy Yoes Nugroho
Tahun: cetakan I Maret 2013
Tebal: 502 Halaman
Harga: Rp 86.000
 
 
Mengapa praktik hukum modern tidak selalu mampu menyelesaikan masalah?
“Law and Modern Mind,” merupakan buku terkenal berisi studi kritis filsafat hukum. Membongkar mitos dan kekeliruan pola pikir hukum moden, serta memberikan jalan keluar.
Banyak praktisi, termasuk intelektual bidang hukum memahami “ketidakpastian
dalam realitas hukum berakar dari ketidakpastian aturan.” Akibatnya timbul kesimpulan, “ketidakpastian hukum selalu identik dengan ketidakpastian aturan.”
Melalui cara pandang baru, Jerome Frank, seorang pemikir hukum modern yang dikenal brilian itu membuka kesalahan berpikir seperti itu. Intisari dari buku ini adalah membuka problematika hukum modern dan menawarkan cara pandang baru. Basis risetnya, literatur utama hukum klasik dan modern, kajian realisme hukum dan prinsip-prinsip psikologi praktik hukum.

Bagian pertama membuka persoalan hukum terkait dengan mitos dalam dunia hukum. Di dalamnya memuat realisme hukum, praktik pengacara, kebijakan hakim, yudisial, dan lain-lain. Bagian kedua menekankan pembahasan kepastian hukum dengan kritik tetap pada mitos-mitos pemikiran hukum. Terdapat banyak kajian filosofis dan cara paradigma hukum yang sangat penting dikaji.
Pada bagian ketiga, dilanjut lampiran yang panjang, Frank memberikan solusi, dalam menjawab bagaimana seharusnya hukum modern diterapkan di masyarakat.
Cocok untuk mahasiswa, pengajar dan pengamat hukum, juga sangat pas untuk pengacara. Jerome Frank(1889-1957). Filsuf hukum, hakim, pengacara dan penulis. Lahir di New York, mendapat gelar sarjana dari  University of Chicago Law School. Namanya melejit sebagai intelektual hukum karena memainkan peran utama dalam gerakan realisme hukum. Karya lain yang terkenal adalah His Other Major Work, Courts on Trial (1949).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk berhubungan dengan redaksi silakan hubungi nuansa.cendekia@gmail.com. untuk layanan pembelian buku bisa hubungi nuansa.market@gmail.com

Designed By VungTauZ.Com