Twitter Nuansa


Breaking News

05/10/13

Kamus Sejarah Agama Islam

Judul: Kamus Sejarah Agama Islam
Penulis: Syarif Yahya
Penerbit: Nuansa Cendekia, 2013
Tebal: 200 Halaman
Harga: 43.000

Dari sisi populasi penduduk, Islam merupakan salahsatu agama terbesar di dunia. Dari sisi sejarah, Islam memiliki banyak catatan penting yang menarik perhatian masyarakat dunia.

Kamus yang disusun oleh Penulis asal Temanggung, alumni Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang ini mengambil sistematika dengan tiga bagian yang akan memudahkan Anda menggali sumber-sumber sejarah Islam meliputi, “Nama dan Peristiwa” (secara urut abjad), “Kronologi Sejarah Islam (urut tahun), dan “Ikhtisar Sejarah Islam.”
Begitu banyaknya catatan sejarah sampai pada akhirnya masyarakat muslim atau non muslim yang menyukai ilmu sejarah merasa perlu untuk mengetahui detail-detail  perjalanan sejarah agama Islam di seluruh dunia.
Selain mencatat fenomena sejarah Islam dalam bidang sains, hukum, politik, sosial, teknologi, dan lain sebagainya, kamus ini juga lebih lengkap mencatat nama-nama tokoh yang berkontribusi penting di dunia dan memuat peristiwa penting perjalanan sejarah.
Pemikiran para tokoh, ini akan mudah kita pahami jika kita tahu situasi sosial-politik dan budaya pada era mereka, contoh: ada pemikir radikalis karena ada perang, ada sufisme karena ada dekadensi moral dan ketidakpuasan atas duniawi. Dengan tahun dan susunan kronologi dalam kamus ini, insyaallah akan memudahkan kita mengetahui, kenapa ada Syiah-Sunni-Wahabi-Sufi-Tarekat. Siapa yang mengawali itu, siapa yang mempengaruhinya dan seterusnya.

Kamus ini pas dijadikan sumber acuan para siswa mulai dari SMP/SMA (sederajat), mahasiswa jurusan sejarah, hingga para guru, santri dan masyarakat umum yang menginginkan pengetahuan sejarah agama Islam.[]Pesan langsung hubungi nuansa.market@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk berhubungan dengan redaksi silakan hubungi nuansa.cendekia@gmail.com. untuk layanan pembelian buku bisa hubungi nuansa.market@gmail.com

Designed By VungTauZ.Com