Twitter Nuansa


Breaking News

08/11/12

Buku Statistik

Tangguh dengan Statistik/(Akurat dalam Membaca Realita Dunia)/Penulis: Jousairi Hasbullah/Pengantar: Prof. Dr. Emil Salim/Penerbit: Nuansa Cendekia, Nopember 2012/Tebal: 238 Halaman/Harga: Rp 49.000/Pesan hubungi nuansa.market@gmail.com
 Apa yang Anda bayangkan tentang buku statistik?
Biasanya pikiran kita langsung bereaksi pelik, sebuah buku yang padat dengan konsep, data dan angka-angka yang beku, tak menarik perhatian dan membosankan dibaca. Tetapi untuk buku yang satu ini, lain adanya. Jousairi Hasbullah, bukanlah seorang ilmuwan yang kaku dalam urusan ini.

Pergulatannya dalam keilmuwan statistik, baik saat masa pendidikan maupun menjabat sebagai peneliti di BPS-RI telah mendapatkan kematangan. Sebagai penulis yang telah berpengalaman ia merasa sadar bahwa sebuah karya ilmiah harus diarahkan kepada calon pembaca.
Menimbang ilmu statistik yang selama ini cenderung kaku, ia pun melakukan terobosan penulisan. Data-data yang rumit ia tulis dengan bahasa yang popular. Sampel-sampel yang setumpuk, ia ringkas dengan metode penulisan praktis tanpa harus kehilangan esensi keilmiahan.
Menjadi luar biasa buku ini karena bukan hanya ketangguhan ilmu sang penulis, melainkan karena kemampuannya melahirkan karya ilmiah-popular. Tangguh dengan Statistik akhirnya menjadi sebuah karya fenomenal di Indonesia saat ini, yang telah diakui oleh pakar-pakar terkemuka untuk dijadikan sumber bacaan dasar bagi kita yang ingin mendapatkan akurasi dalam menilai setiap data dan fakta.
Dengan karya ini kita menjadi lebih cerdas memahami hakikat statistik di berbagai lapangan kenyataan. Beragam contoh dalam dunia statistik, seperti masalah kemiskinan,ledakan penduduk, angka pengangguran, kebutuhan hidup, korban perkosaan, dan lain-lain diulas secara cerdas dan popular.
Tangguh dengan Statistik. Menjadikan kita tangguh dalam memandang realita kehidupan dunia. Cerdas mengurai masalah. Cerdas memahami dunia. Bebas dari prasangka atas kekaburan realita. []

1 komentar:

  1. mf sblumny..klw bisa , jgn hanya menghitung masalah-masalah,,nmun juga memecahkanya.

    he

    BalasHapus

Untuk berhubungan dengan redaksi silakan hubungi nuansa.cendekia@gmail.com. untuk layanan pembelian buku bisa hubungi nuansa.market@gmail.com

Designed By VungTauZ.Com