Twitter Nuansa


Breaking News

13/11/12

Jurnalistik Online


Judul: Jurnalistik  Online/Penulis: Asep Syamsul M.Romli/Penerbit: Nuansa Cendekia, 2012/Tebal: 128 Hlm/Harga Rp 27.000

            Sebuah masyarakat modern sangat identik dengan kegiatan jurnalisme. Semakin modern masyarakat,semakin pesat perkembangan literatur. Terlebih pada zaman modern fase teknologi-infomasi, atau yang lazim kita sebut sebagai Cyber, jurnalisme memainkan peranan yang penting.

Tetapi harus diakui bahwa tidak setiap kegiatan tulis-menulis, termasuk liputan visualnya memiliki memiliki mutu jurnalisme yang baik. Bahkan terdapat banyak informasi, terutama dari pemberitaan media Cyber, tergolong rendah mutunya.
Di sinilah kemudian istilah Jurnalisme Cyber, atau dalam istilah buku ini, “Jurnalistik Online” harus diketahui secara baik, menyeluruh dan tentu saja praktis sebagai panduan kerja para jurnalis. Karya Asep Syamsul M. Romli merupakan bagian terpentig untuk melayani kebutuhan para jurnalis cyber. Berbeda dengan buku panduan jurnalistik pra-cyber, tentu saja buku ini terdapat banyak materi yang baru dan dengan itu pula kita dapatkan manfaat dasar-dasar kerja sehingga kita bisa mempraktikkan secara baik.
Jurnalistik Online memiliki karakteristik tersendiri, sehingga pada bagian pertama perlu diperjelas tentang hakikatnya. Selain karekteristik tersebut, kita juga mengenal istilah kegiatan jurnalisme kewargaan yang sangat lekat dengan kegiatan hobi para penulis independen tetapi memiliki minat yang tinggi untuk mewartakan situasi atau kejadian. Istilah Citizen Jurnalisme kemudian menjadi bagian penting yang harus diketahui kita semua. Pada bagian kedua kita akan mendapatkan penjelasan tersebut secara mendasar dan simple.
Karena kegiatan jurnalisme tak bisa lepas dari etika, maka pada bagian ketiga, buku ini secara khusus membicarakan kode-etiknya secara detail. Dengan menyimak bagian ini, kita akan memahami bahwa jurnalisme personal, atau Citizen Jurnalisme itu bukan berarti lepas etika dan tanggungjawab.
Di luar tiga pilar dasar Jurnalisme Online di atas, pada bagian kelima dan keenam, penulis kemudian menjelaskan beragam karakter tulisan, teknik penulisan, dan juga gaya penulisan yang perlu dipahami oleh kita semua. Setelah memahami karakter penulisan, pada bagian tujuh dan delapan kita akan diperkenalkan teknik-teknik untuk publikasi perwartaan memakai perangkat teknologi internet yang lazim digunakan untuk publikasi.  Tips dan trik Blogging, SEO, dan tak ketinggalan pada bagian delapan disajikan ulasan strategi pengelolaan menjadi jurnalis di era cyber.
Selanjutnya, pada bagian sepuluh kita akan mendapatkan tambahan pengetahuan tentang TV-Online yang nota-bene sekarang menjadi bagian dari jurnalisme online karena peranan visualnya sangat menarik manakala dikombinasikan dengan kegiatan tulis-menulis.
Sebuah buku dasar yang pantas dibaca oleh pemula, terutama mahasiswa komunikasi atau mahasiswa fakultas lain dan secara praktis bisa dijadikan pedoman kerja oleh para jurnalis independen pengelola blog-personal maupun blog-komunitas. Selamat membaca.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk berhubungan dengan redaksi silakan hubungi nuansa.cendekia@gmail.com. untuk layanan pembelian buku bisa hubungi nuansa.market@gmail.com

Designed By VungTauZ.Com